Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana minatsiswa kelas X Madrasah terhadap pelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa kelas X terhadap pelajaran pendidikan jasmani di sekolah tahun 2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tahun 2006/2007, sebanyak 197 siswa dengan jumlah 6 kelas. Adapun teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan total sampling, sehingga seluruh siswa kelas X yang berjumlah 197 dijadikan obyek penelitian. Variabel dalam penelitian ini yaitu minat siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dan pengumpulan datanya menggunakan angket(kuesioner) yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif parametik dengan rumus alfa serta menggunakan program komputer SPSS 12, yaitu merupakan software powerfull yang digunakan untuk analisis statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani pada Madrasah dalam kategori tinggi yaitu 87,31%. Jika dirinci per indikator maka hasilnya yaitu: indikator sikap 79,19%, indikator keinginan 89,34%, indikator ketekunan 91,37% dan indikator dorongan 83,25%. Hal itu disebabkan oleh faktor intrinsik dari siswa yaitu banyak siswa yang berasal dari daerah pedesaan dimana di lingkungannya mereka tinggal terdapat sarana dan prasarana yang mendukung mereka untuk melakukan aktivitas jasmani setiap hari, seperti lapangan sepak bola, lapangan bola voli. Kondisi tersebut membawa dampak yang signifikan terhadap pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Sedangkan 12,69% rata-rata siswa minatnya dalam kategori sedang, hal itu disebabkan sebagian siswa tidak ada waktu untuk melakukan aktivitas jasmani setelah pulang sekolah karena harus mengikuti kegiatan di pondok pesantren. Minat yang tinggi tersebut ditunjukkan juga dari hasil uji chi kuadrat dari setiap indikator yang melebihi nilai chi kuadrat tabel dengan dk=4-1 dan taraf kesalahan 5% yaitu 7.81, yang berarti ada pengaruh yang positif antara minat siswa dengan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.
Post a Comment